alun-alun-madiun

Alun Alun Madiun: Salah Satu Tempat Rekreasi di Madiun

Alun alun Madiun –¬†Madiun adalah sebuah kota yang cukup ramai penduduknya. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini mempunyai sejarah yang panjang dalam kemerdekaan Indonesia dulu. Dulu nya, Madiun sebelum berbentuk kota seperti sekarang adalah sebuah Karesidenan Madiun.

Yang mana, Karesidenan ini adalah kumpulan dari beberapa daerah sekaligus. Sekarang daerah-daerah itu disebut dengan Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan. Daerah yang sangat luas ini, dulunya berada dalam satu komando bernama Karesidenan Madiun.

Di kota ini juga terdapat pabrik pembuat kereta api (INKA) yang produksinya sudah menjangkau seluruh tanah jawa. Perusahaan ini berada di bawah tanggung jawab pemerintahan.

Dulu, di kota ini ada kejadian yang sangat terkenal hingga sekarang. Masih ingat dengan PKI? Nah, salah satu markas mereka dulu ya di Madiun dan sekitarnya, bahkan di Magetan masih ada sumur sejarah bekas tempat untuk membunuh orang yang melawan PKI.

alun alun kota

Kota dengan penduduk sekitar 180an ribu orang ini mempunyai beberapa kecamatan. Diantaranya adalah kecamatan Mangunharjo, Kartoharjo dan Taman. Kota ini juga dilewati oleh jalur transportasi antar kota dan provinsi, sehingga terminal dan stasiun nya cukup ramai dibanding daerah-daerah sekitarnya.

Alun alun Madiun

alun alun kota madiun

Layaknya kota lainnya yang mempunyai alun alun, Madiun juga mempunyai alun-alun yang cukup bagus dan menarik untuk dikunjungi.

Pemerintah kota Madiun membangun alun-alun nya kental dengan nuansa hijau dan rindang. Pilihan nuansa ini didasarkan atas observasi pemerintah setempat yang menyadari bahwa Madiun belum mempunyai tempat wisata bernuansa alam yang nyaman.

sudut alun alun madiun

Sehingga, Pemilihan nuansa ini sangat disambut baik oleh masyarakat Madiun dan oleh mereka, alun alun Madiun ini dijadikan tempat rekreasi keluarga dan tempat nongkrong bagi para anak muda.

Disisi lain, layaknya kota-kota lain, alun alun Madiun juga dikelilingi oleh bangunan sentral masyarakat, diantaranya Masjid Agung Madiun di sebelah barat dan Gedung Pemkab Madiun di sebelah utaranya. Tidak jauh dari alun-alun juga terdapat pusat perbelanjaan Madiun.

masjid agung madiun

Nah, yang menarik dari alun alun Madiun ini adalah terdapat pesawat bekas milik AURI yang dipajang di bagian tengah alun alun. Bangkai pesawat ini sebenarnya berguna untuk mengingatkan kalau Indonesia masih sangat mampu bersaing.

So, kalau nanti suatu saat kamu ingin ke Surabaya lewat Madiun, jangan lupa untuk mampir sejenak di alun alun Madiun nya. Dijamin, penat nya perjalanan bisa hilang seketika ketika kamu merasakan nuansa yang adem dan asri dari alun alun ini.

6 thoughts on “Alun Alun Madiun: Salah Satu Tempat Rekreasi di Madiun

  1. Kesan pertama ngeliat kota ini adalah bersih banget…terlihat rapi apalagi pemdanya tanam banyak pohon…lebih sejuk terlihat.

  2. Udah lama sekali nggak kesana. Dulu ada soto enak dekat alun2. Namanya juga udah lupa :))

    • hehe..iya mbak..kapan2 main kesana aja lagi

  3. Hampir semua alon2 sekarang di percantik dan enak buat nongkrong + free wifi biasanya

    • hhe…iya om cumi..zaman udah semakin maju ^-^

Leave a Comment