21 Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Lengkap dengan Gambarnya

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern – Halo sahabat ngapakers.com yang berbahagia. Kehidupan kita sebagai makhluk sosial tidak akan pernah lepas dari yang namanya berkomunikasi.

Komunikasi ini banyak jenisnya. Saya akan membahasnya dari segi alat komunikasi tradisional dan modernnya, semoga bermanfaat.



Teknologi komunikasi sebagaimana kita ketahui bersama, dari zaman dahulu hingga sekarang telah mengalami banyak sekali perkembangan dan perubahan.

Ini sejalan dengan kehidupan kita yang juga berkembang dan maju dari waktu ke waktu. Manusia zaman dahulu tidak memerlukan telepon, selain karena belum ditemukan, mereka juga belum membutuhkan alat seperti itu.

Teknologi komunikasi yang tumbuh pesat ini tidak lepas dari kebutuhan manusia yang semakin membutuhkan akan informasi yang cepat, akurat dan menjangkau daerah yang luas.

Kebutuhan yang sedemikian rupa inilah yang akhirnya mendorong manusia untuk selalu berenovasi dan berkreasi dalam mengembangkan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi komunikasi ini pertama kali mengalami lonjakan ketika seorang penemu barat bernama Alexander Graham Bell menemukan telepon. Penemuan inilah yang menjadi tonggak awal akan kemajuan teknologi komunikasi di dunia.

Penemuan telepon pada tahun 1876 M ini memicu manusia-manusia pada zaman itu untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat luas.

Baca Yuk: 13 Alat Transportasi Darat dan Laut Tradisional Lengkap dengan Gambarnya

Teknologi telepon ini mulai sangat terasa manfaatnya ketika diperbarui menjadi telepon seluler. Telepon seluler yang awalnya hanya bisa SMS dengan karakter terbatas, kini sudah bisa untuk menelpon face to face.

Di Indonesia, perkembangan telepon seluler baru mulai sekitar tahun 1970an. Ketika itu, Indonesia untuk pertama kalinya meluncurkan satelit yang diberi nama PALAPA. Keberadaan satelit ini memudahkan arus komunikasi pada waktu itu.

Handphone dengan teknologi 2G pertama kali di Indonesia muncul tahun 90-an. Ketika itu Nokia menjadi motor pertumbuhan dan penyebaran telepon seluler hingga pelosok negeri. Baru setelah itu muncul teknologi 3G yang merupakan pembaharuan dari 2G.

Selain teknologi telepon seluler, teknologi yang berkembang dengan sangat cepat adalah internet. Internet ini awalnya agak susah untuk diakses oleh masyarakat umum. Ia hanya layanan khusus orang-orang berduit.

Tapi seiring berjalannya waktu, internet kini sudah sangat mudah untuk diakses oleh semua orang. Kios-kios penyedia layanan internet bertebaran dimana-mana. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Di sisi lain, handphone juga dibekali dengan kemampuan berinternet yang canggih. Kecepatannya pun tidak kalah dengan kios-kios penyedia layanan tersebut. Nah, sekarang yang perlu diperhatikan adalah bagaimana teknologi yang sudah sedemikian maju dan canggih ini tidak menjadi bumerang bagi bangsa kita.

Kemudian, tahukah kamu alat-alat komunikasi zaman dahulu dan sekarang? Bagaimana perubahannya? Berikut penjelasannya.



Alat komunikasi tradisional ini sangat banyak macamnya. Apa saja alat-alatnya? Dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu, selamat bernostalgia.

1.  Kentongan  

kentongan
Otonomi.co.id

Siapa yang tidak tahu alat komunikasi tradisional bernama kentongan ini? Kalau kamu anak 90an pasti masih familiar dengan alat komunikasi yang satu ini. Kentongan ini bisanya terdapat di pos-pos jaga malam dan di surau atau tempat mengaji.

Alat komunikasi tradisional ini dulunya menjadi semacam sirine pemberitahuan dan darurat yang sangat diandalkan. Alat komunikasi tradisional ini terbuat dari kayu bambu yang diberi rongga ditengahnya.

Sehingga ketika alat ini dipukul, akan mengeluarkan bunyi yang sedikit menggema didalam dan keras.

Selain dipakai untuk menandakan terjadi sesuatu yang darurat, kentongan juga biasanya dipakai untuk membangunkan orang ketika menjelang bersahur pada bulan Ramadhan.

Bagi kamu yang tinggal di desa, tentu kamu pernah mengalami pengalaman semacam ini kan?

Tidak ada yang tahu pasti kapan muncul alat komunikasi ini, yang pasti, sejak dulu alat ini sudah dikenal luas di pelosok Indonesia.

2.  Lonceng Besi  

Lonceng Besi
pxhere.com

Alat komunikasi tradisional ini mempunyai peran yang penting sejak dulu. Dalam beberapa literatur sejarah, dikatakan bahwa, alat komunikasi ini sudah ada sejak abad pertengahan.

Lonceng ini biasanya kita dapati terpasang di menara-menara gereja yang tinggi. Umat kristiani memakai lonceng ini sebagai alat komunikasi yang menjangkau area luas. Biasanya setiap gereja mempunyai tanda tersendiri dalam memakai lonceng ini.

Selain di gereja, alat komunikasi ini bisa kita dapati di sekolah-sekolah zaman dahulu. Jadi kamu yang anak zaman dahulu pasti sudah sering merasakan manfaat dari lonceng ini.

3. Telepon Kaleng telepon kaleng

www.kreasitekno.comTentu kamu tidak asing dengan alat komunikasi tradisional yang satu ini. Dulu ketika duduk di bangku sekolah dasar, guru IPA biasanya memberi tugas pada muridnya untuk membuat alat komunikasi dari kaleng yang dihubungkan dengan benang ke kaleng lainnya.

Modalnya juga tidak susah, hanya butuh kaleng kosong, benang agak tebal dan paku untuk membuat lubang di kaleng.

Jarak komunikasi dengan alat ini memang tidak bisa terlalu jauh, mungkin sekitar 5-10 meter saja. Tapi ini cukup untuk komunikasi dari tingkat satu ke tingkat dua diatas nya dalam sebuah bangunan.

Hanya saja ada syaratnya ketika berkomunikasi dengan alat ini. Syarat mutlaknya adalah benangnya harus dalam keadaan tegang dan lurus, sehingga aliran suaranya bisa lancar sampai di kaleng pada ujung satunya.

4. Merpati Pos

alat komunikasi
esperobajaya.files.wordpress.com

Hewan ini dulu sangat terkenal sebagai hewan pengirim pesan. Pada peperangan kuno, burung ini juga yang diandalkan sebagai pengantar pesan yang dipercaya.

Merpati pengantar pesan ini mampu menempuh perjalanan dekat dan jauh. Biasanya jarak tempuh merpati ini bisa mencapai 3-4 hari perjalanan menggunakan kuda. Jadi tidak heran kalau peperangan zaman dahulu menggunakan burung merpati ini sebagai alat komunikasi mereka.

5.  Surat  

surat
www.deepdotweb.com

Alat komunikasi tradisional satu ini walaupun masih dipakai hingga sekarang, tetapi ini termasuk salah satu alat komunikasi tradisional yang sangat populer pada masanya.

Alat komunikasi ini banyak ditinggalkan oleh orang sekarang karena lamanya pesan yang ingin disampaikan sampai pada penerimanya. Apabila jaraknya jauh, bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Dibalik kekurangannya, surat mempunyai kelebihan juga, yakni biaya pengiriman yang murah meriah, sehingga menjangkau semua elemen masyarakat.

6.  Prasasti  

Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi tradisional yang satu ini sudah dipakai semenjak zaman kerajaan kuno di Indonesia. Prasasti berguna sebagai tanda yang mengandung informasi dari penandaan tersebut.

Prasasti ini umumnya terbuat dari batu yang diukir yang berisi informasi mengenai penandaan itu. Baik itu tempat, atau waktu tertentu

Bahkan, dalam beberapa kerajaan, ditemukan prasasti yang tidak hanya berisi informasi tempat dan waktu, tetapi juga sejarah singkat kerajaan itu berdiri dan sejarah tentang kejayaannya pada masa silam.

Kalau kamu ingin melihat seperti apa prasasti ini, kamu bisa berkunjung ke museum-museum bersejarah yang menyimpan pernak-pernik kerajaan tertentu.

7.  Terompet  

Terompet
pixabay.com

Sama seperti merpati pos, terompet ini termasuk alat komunikasi tradisional yang bisanya di pakai ketika perang atau ketika peringatan dan perayaan tertentu.

Dalam peperangan, terompet berguna sebagai penanda bahwa musuh datang dan juga sebagai pelecut semangat untuk prajuritnya. Alat ini bila ditelusuri asal usulnya maka akan kita dapati kalau alat ini sudah sangat lama digunakan.

Hanya sekarang alat ini sudah lebih terkenal sebagai alat musik modern.

8.  Daun Lontar  

alat komunikasi tradisoonal
anakpintar.web.id

Daun ini dipakai sebagai alat komunikasi pada zaman kerajaan dahulu. Para raja dan menteri-menterinya biasanya menggunakan daun ini sebagai media penyampai pesan.

Sebab para raja memakai daun ini bisa kita ketahui dengan mudah, yaitu karena pada zaman dahulu kertas belum ditemukan, sehingga alat komunikasi berupa dedaunan, tulang, pelepah pohon menjadi sara penyampaian pesan.

Nah, semenjak ditemukannya kertas, orang lebih memilih kertas dibanding daun karena ringan, tidak ribet dan fleksibel. Apabila kamu ingin tahu tentang daun ini kamu juga bisa berkunjung ke museum kerajaan.

9.  Telegraf  

alat komunikasi tradisonal
.wikimedia.org

Nah, alat yang satu ini tentu tidak asing di telinga kita. Telegraf ini merupakan alat komunikasi tradisional bertenaga listrik yang cara kerjanya menerima sinyal untuk kemudian diterjemahkan menjadi huruf yang dapat dibaca oleh manusia.

Alat ini juga pada peperangan sering dipakai. Tentu bukan peperangan kuno, tapi cukup untuk dikatakan lama.

Cara kerja telegraf adalah dengan mengirimkan sinyal yang disebut sebagai kode morse. Bagi kamu yang anak pramuka tentu tidak asing kan?

10.  Gong  

Gong
toutapp.com

Alat komunikasi tradisional yang satu ini biasanya dipakai untuk memeriahkan dan membuka suatu seremonial. Tidak ada yang tahu pasti semenjak kapan gong ini sampai di tanah Indonesia, tapi yang jelas, alat ini sudah di gunakan oleh orang-orang zaman dahulu.

Alat komunikasi ini juga mudah kita dapati di tempat-tempat peribadatan agama Budha. Jadi bagi kamu yang ingin tahu gong dengan berbagai jenis ukuran dan motifnya, bisa mengunjungi wihara tempat peribadatan umat Budha.

11.  Bedug  

Bedug
pengrajinbedugjogja.wordpress.com

Bedug merupakan sebuah alat komunikasi tradisional yang banyak ditemui di masjid-masjid pedesaan. Bedug terbuat dari kayu dan kulit sapi yang dikeringkan.

Cara pemakaiannya pun sangat simpel, cukup ditabuh dengan kayu, maka bedug akan mengeluarkan bunyi yang menggema. Biasanya, bedug ini dipakai untuk memberitahukan penduduk sekitar akan masuknya waktu sholat.

Mengingat zaman dahulu speaker belum tersebar, maka alat ini sangat membantu warga dalam mengumumkan masuknya waktu sholat.



1. Radio

Radio
http://warungkopi.okezone.com

Alat komunikasi modern yang satu ini termasuk yang paling pertama di buat oleh manusia. Radio mulai populer ketika badan-badan militer dari berbagai negara memakai radio sebagai alat komunikasi mereka.

Radio ini menggunakan gelombang radio dalam menjalankannya. Gelombang radio yang dipancarkan nantinya akan diterima oleh antena pada radio, untuk kemudian gelombang tersebut dirubah menjadi suara.

Sebenarnya, gelombang elektromagnetik ini tidak hanya dipakai untuk untuk radio saja, tetapi juga alat komunikasi modern lain macam radar dan televisi menggunakan gelombang ini.

Gelombang radio ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1873. Semenjak saat itu pula teknologi modern berupa radio mengalami banyak perubahan dan inovasi.

2. Radar

Radar

Radar adalah alat komunikasi modern yang berfungsi sebagai pemberitahun tentang keberadaan suatu tempat atau benda secara akurat. Pemakaian radar ini sangat membantu para pelaut dalam menentukan arah dan mengumpulkan informasi terkait benda di sekitarnya.

Rada sekarang sudah menjadi alat komunikasi wajib bagi kendaraan udara maupun laut. Dengan radar kesalahan yang ditimbulkan bisa semakin di minimalisir.

Selain dapat memberitahu keberadaan suatu tempat atau benda dengan akurat, radar juga bisa mengukur seberapa jauh benda itu dari pantauan kita. Sama seperti alat komunikasi lainnya, radar ini juga termasuk alat komunikasi sentral dalam sebuah militer.

3. Telepon

Alat komunikasi ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Telepon termasuk alat komunikasi modern karena bisa menjangkau daerah yang sangat jauh dengan bentuk real time.

Dengan mengandalkan kabel telepon kita sudah bisa mendengar suara keluarga dan orang terdekat kita secara langsung.

4.  Telepon Genggam  

telepon genggam
artyakinanthi.files.wordpress.com

Nah, alat komunikasi modern yang satu ini adalah pembaruan dan pemutakhiran teknologi telepon konvensional.

Saya kira, kita semua mempunyai alat komunikasi ini. Fungsi utama dari telepon genggam ini selain sebagai alat untuk menelepon, alat ini juga mampu untuk melakukan hal lain seperti, mengirim pesan tertulis, pesan suara, hingga berselancar didunia internet.

5. Koran

Koran adalah salah satu alat komunikasi yang sangat penting pada masanya. Dulu, ketika dunia belum mengenal teknologi komunikasi berbasis internet, koran menjadi pilihan utama masyarakat seluruh dunia.

Koran adalah alak komunikasi massal yang memuat banyak sekali informasi didalamnya.

Dalam perkembangannya, koran juga sudah merambah dunia digital dengan portal-portal berita yang selalu ter-update setiap waktu. Alat komunikasi yang satu ini juga terbilang sangat efektif dalam penyebaran informasi.

Tentu kamu sudah tidak asing kan dengan alat komunikasi yang satu ini?

6.  Fax  

Mesin Fax
bukalapak.com

Alat komunikasi yang satu ini juga merupakan pembaruan dari telepon. Cara kerja mesin fax ini adalah mengirimkan dokumen yang beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama seperti aslinya.

Bahasa mudahnya, mesin fax ini adalah mesin fotokopi jarak jauh. Mesin ini biasanya digunakan oleh perkantoran dan perusahaan.

Mesin fax ini juga tergolong dalam beberapa golongan. Ada yang mampu mengirim dokumen hanya dalam waktu 1 menit, ada yang mampu 3 menit, atau bahkan ada juga yang sampai 6 menit.

Tapi apapun itu, mesin fax ini sangat membantu kita ketika ingin mengirimkan dokumen-dokumen atau surat penting.

7.  Televisi  

Televisi
bincangmedia.wordpress.com/

Alat komunikasi yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi kamu. Televisi merupakan alat komunikasi massal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang.

‘Kotak ajaib’ ini sudah menjadi barang wajib yang harus ada di sebuah rumah. Dulu ketika tahun 80an, orang yang mempunyai televisi bisa dihitung jari dalam suatu daerah.

Dalam beberapa penuturan, biasanya dalam satu desa hanya ada satu atau dua televisi. Itupun masih yang hitam putih tidak berwarna dengan kualitas gambar yang rendah dan sinyal yang susah ditangkap oleh antena.

Tapi saat ini kita bisa lihat, bahkan orang yang tinggal di kolong jembatan pun mempunyai televisi yang bisa mereka tonton setiap hari.

8.  Komputer dan Laptop  

Laptop

Komputer adalah alat komunikasi modern yang awalnya dibuat untuk mengetik dan membuat laporan pekerjaan.

Kini komputer telah ber-evolusi menjadi alat yang sangat canggih. Dulu, ketika awal komputer dijual, alat ini masih sangat terbatas kemampuannya, seiring berjalan waktu, produsen komputer dunia, mulai saling berlomba dalam menciptakan komputer teknologi terbaru.

Walaupun komputer belum menjadi barang yang dianggap wajib ada dirumah-rumah, tapi kebanyakan orang sudah memiliki alat komunikasi yang satu ini.

Komputer zaman sekarang mampu melakukan banyak hal, diantaranya sebagai penyimpan data, menulis, membuat video dan menonton televisi.

9.  LCD Proyektor  

proyektor
pelapak.com

Alat komunikasi modern ini biasanya kita jumpai di sekolah-sekolah, perkuliahan atau tempat pelatihan. LCD Proyektor ini berguna untuk menampilkan video, gambar dan data dari komputer untuk ditampilkan di layar datar atau tembok.

Alat komunikasi ini pertama kali ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff pada tahun 1968 di dalam kampusnya. Pada awalnya memang alat ini masih belum dalam bentuk sempurna seperti sekarang.

Baru pada tahun 1984, Gene Dolgoff memperbarui alatnya dan membuat LCD proyektor pertama kali di dunia.

10.  Jaringan Internet  

Nah, alat komunikasi yang satu ini adalah alat yang paling banyak membuat perubahan pada jalan dan perkembangan sosial budaya di dunia.

Dengan internet memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang dibelahan bumi lain dalam waktu beberapa detik. Dengan internet juga memungkinkan orang untuk mengenal lebih jauh tentang apa saja di dunia ini.

Internet juga telah merevolusi banyak pemahaman orang terkait sesuatu. Dengan ditambah adanya sosial media, internet menjadi paket lengkap yang bisa digunakan untuk menambah wawasan dan pengalaman.

11.  Handy Talky  

handy talky

Alat ini sering kita jumpai pada seorang satpam dan polisi yang sedang berjaga. Alat ini mempunyai frekuensi tertentu yang memungkinkan seseorang berbicara satu dengan yang lainnya dalam jarak tertentu pula.

Jadi itu dia sekilas pembahasan mengenai alat komunikasi tradisional dan modern yang dapat saya bahas, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Kalau menurut mu ini bermanfaat, silahkan like dan share artikel ini, terimakasih ^_^.

Bagiin Yuk...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest